fbpx

Nostalgia Pakaian Adat, Bikin Kamu Penasaran!

Apakah anda masih ingat dengan kebaya? lurik? Kemeja batik? Haha saya tau yang anda dipikiran. Karena saya berpikir sebagian besar manusia masa kini, pikirannya sudah tercemar ranah pakaian baru alhasil jadi mengabaikan, walau tidak sepenuhnya sih. Saya hakul yakin jika anda menggunakannya hanya jika diminta atau tersebab tuntutan saja, seperti tersebab pekerjaan, sekolah,pernikahan dll. Nah,  bagaimana kalo banyak orang yang memanggil Kuno, ketinggalan jaman, kampungan. Ah kata-kata yang menurut saya kurang asupan. Maksud saya kurang mengerti sejarah. Sejarah? Berkaitan dengan sejarah gimana kira-kira masyarakat jaman dahulu mengekspresikannya pakaian pakaian adat tersebut.

Baca Juga : Produksi Tas Jakarta Tau Lemahnya Mental Bangsa

Di jaman sebelum ini, pakaian adat digunakan untuk pakaian wajib sehari-hari, karena memang sisi adatnya lebih kental. Anak muda sekarang kebanyakan terlalu mengurung pikiran dengan suatu kegengsian. Haha, saya tak menyalahkan loh ya. Karena kita juga harus melihat fakta abad ini, fakta dimana dunia sudah mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat, semua serba instan. Karena teknologi tersebut  dalam bidang fashion juga kecipratan imbasnya, banyak penataan ulang, inovasi baru, bahkan sampai penghapusan model-model lama demi menciptakan fashion yang modern. Salah satu fashion yang tengah naik daun adalah fashionnya para muslimah. Kita sadar jika Indonesia memiliki persentase penduduk agama islamnya tertinggi, maka kita tak perlu heran, karena ini hal positif, jika ada orang yang berbicara jika fashion muslimah berhijap panjang, bercadar di cap kampungan, sepertinya perlu membuka mata lebar-lebar. Lebih kampungan mana dress dengan kebaya?

Seperti saya katakan di atas mungkin seluruh Negara akan memakai pakaian adat jika masih ada pada jamannya. Jadi untuk abad ini, saya rasa yang masih tetap menggunakannya sebagai pakaian wajib sehari-hari ya para tetua (nenek kita). Atau mungkin ibu kita sendiri, itu saja pasti mereka sudah dibujuk anak atau cucu untuk menggantinya alias membelikan model terbaru. Lalu bagaimana cara terbaik mengatasinya? Saya rasa tak ada yang perlu diatasi lebih lanjut. Semua sudah sesuai kemajuaannya. Semua orang sudah terlanjur mengerti dan mendalami pakaian yang beredar sekarang ini. untuk penggunaan satu dua kali mungkin bisa menjadi solusi terbaiknya. Atau untuk acara khusus.

About the Author

1 thought on “Nostalgia Pakaian Adat, Bikin Kamu Penasaran!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *