4 Karakteristik Bahan Polyester untuk Tas

Pernah tau tentang bahan polyster untuk tas? Mungkin anda pernah ingin membuat tas dengan bahan tersebut. Sebelum membuat tas dengan bahan ini, anda mesti tahu terlebih dahulu apa itu kain polyster. Kain polyster adalah bahan tas yang umum, biasanya bahan ini untuk membuat tas ransel, tas selempang, dan berbagai jenis tas.

Material polyster merupakan bahan kain yang proses pembuatannya tidak berasal dari alam, melainkan dari proses kimiawi buatan manusia. Karena bahan dasarnya adalah plastik dan ester, maka nama polyster ini muncul. Bahan ini merupakan percampuran dari minyak bumi, alkohol, dan zat yang disebut asam karboksilat ini alasan nama polyster ada).

Mengenal Bahan Polyester untuk Tas Lebih Lanjut

Material polyster ini merupakan jenis fiber atau serat sintetis yang zat serta komponennya mengandung bahan alam seperti minyak bumi. Bahan yang satu ini terbuat dari PET atau singkatan polyethylene terephthalate, bahan ini berasal dari botol minuman plastik yang sudah mengalami proses daur ulang. Hasil dari pengumpulan botol plastik akan melalui tahap pencucian. Setelah melalui proses pencucian, langkah selanjutnya adalah proses pengeringan atau pemanasan. Pada proses ini serat polyester atau fiber sebagai bahan baku utama akan muncul.

Polyster awalnya merupakan ciptaan dari inggris pada tahun 1940-an dan akhirnya terkenal sebagai bahan utama dalam pembuatan tekstil. Karena bahan ini mudah perawatannya, bahan polyster menjadi bahan pembuat tekstil yang umum pada tahun 1950-an. Bahan polyster ini serbaguna dalam pembuatan tekstil dan berbagai bahan perabotan rumah tangga.

4 Karakteristik Bahan Polyester untuk Pembuatan Tas

Berikut ini adalah 4 karakteristik bahan polyester untuk pembuatan tas:

1. Kain yang Awet dan Tidak Mudah Berkerut

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kain polyster memiliki ketahanan dan keawetan yang lama. Alasan kenapa bahan ini tahan lama adalah tidak mudah berkerut meskipun terlipat lipat seharian. Selain itu polyster merupakan salah satu bahan yang tidak mudah rusak karena tertekan atau tertarik serta tidak mudah menyusut.

2. Bahan Polyster Mudah Kering

Selain bahan ini tahan lama, bahan polyster merupakan bahan yang mudah kering. Jadi anda tidak usah khawatir ketika memilih bahan polyster sebagai bahan pembuatan tas yang paling rekomendasi. Karena bahan ini juga terkenal dengan water resistance ya loh atau tahan terhadap air.

3. Termasuk Bahan Anti Bakteri

Kelebihan lain dari bahan polyster untuk tas yaitu memiliki ketahanan terhadap serangan bakteri. Selain itu bahan yang satu ini tahan dengan pencucian bahan kimia, dry cleaning atau pelarut organik. Hal itu karena bahan polyster memiliki kemampuan untuk bertahan dari serangan bakteri maupun jamur yang dapat merusak serat-serat kain. Ternyata selain digunakan untuk tas, bahan polyster ini juga sering digunakan sebagai pembuatan bantal guling, bantal, selimut, hingga bahan dasar boneka.

4. Serat Tas Lentur dan Elastis

Keunggulan dari bahan polyster selanjutnya adalah elastis atau lentur. Bahan ini sangat cocok untuk pembuatan tas ransel atau tas multifungsi. Bahan ini juga merupakan bahan yang elastis namun memiliki tekstur yang unik, ketika bahan ini tersentuh maka akan sedikit kasar tidak sehalus spandek.

Sejauh ini, tas yang terbuat dari material tersebut tidak memerlukan perawatan yang khusus seperti bahan tas alami, contohnya bahan yang terbuat dari bahan kulit asli hewan.

Kekurangan Bahan Polyester Untuk Tas

Tidak hanya kelebihan saja, namun bahan polyster ini memiliki kekurangan ketika digunakan pada tas. Berikut kekurangan tas yang menggunakan bahan dari polyster :

1. Sangat Mudah Terbakar

Bahan polyster sendiri adalah bahan yang terbuat dari plastik. Hal tersebutlah yang memicu dan membuat bahan polyster ini mudah terbakar. JadiĀ  untuk menghindari masalah ini, anda cukup menjauhkan tas ini dari api. Karena hal inilah kenapa tas dengan bahan polyster tidak perlu penyetrikaan. Dan jangan lupa bahwa bahan ini mudah terbakar, jadi jangan merendam tas dengan bahan polyster ke air hangat. Karena bahan ini akan menyusut ketika terendam dalam air hangat.

2. Sirkulasi Udara Kain Polyster ini Kurang

Selain bahan polyster mudah terbakar, kekurangan polyster yang lainnya adalah tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Maka dari itu, tas yang terbuat dari bahan polyster ini sangat mudah lembab dan sulit menyerap keringat.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan tas polyster untuk tas. Pada dasarnya beberapa jenis tas bisa menggunakan bahan polyster sebagai bahan utamanya. Selain itu banyak sekali model tas dan bahan tas yang bisa digunakan sebagai pembuatan tas.